30 Maret, 2023 #Tak Berkategori

Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

Selain karena buahnya yang enak, pohon mangga juga dapat memberi kesan sejuk pada rumah. Tentunya agar dapat menghasilkan buah yang banyak, kamu harus memperhatikan bagaimana cara merawat pohon mangga dengan baik di rumah. Jika jarak berdekatan, pohon tersebut akan sulit tumbuh dan bahkan tidak dapat berbuah. Salah satu cara untuk membuat pohon mangga kamu berbuah lebat adalah dengan memberikan zat pengatur tumbuh atau ZPT ini.

Di dalam ZPT terkandung bahan aktif paklobutrazol yang dapat merangsang pohon untuk berbunga. Jadi, nutrisi yang bertumpuk di batang akan berubah menjadi cadangan makanan berupa buah.

Kamu dapat memberi luka pada bagian leher dan pangkal batang hingga terlihat jaringan kayunya. Cara yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah penyayatan, pengerokan, pencacahan, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan pohon mangga melakukan pertumbuhan generatif dan dapat menumbuhkan bunga.

Lakukanlah perawatan dan penyiraman secara rutin agar pohonmu dapat tumbuh dengan subur. Nah, jadi itu tadi 11 cara merawat pohon mangga di rumah yang dapat kamu coba. Berikut beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk merawat pohon mangga :

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah, Lengkap Untuk Pemula

Salah satu mitra kami telah merasakan hasil panen buah mangga yang lebih besar dan bagus kualitasnya. Memiliki warna batang keabuan, dengan kulit tidak rata & berbelah-belah serta mempunyai getah putih bening. Tanaman mangga tumbuh baik pada tekstur tanah yang subur & gembur dengan nilai pH 5 – 6,5.

Tanaman mangga dapat tumbuh maksimal pada ketinggian 300-500m dpl, serta memiliki drainase yang baik.

Temperatur yang terlalu tinggi (46 – 49 ᵒC) disertai dengan angin kencang dapat mengakibatkan buah mangga mengalami luka terbakar sehingga tampak kering. Agar budidaya tanaman mangga berhasil menghasilkan buah yang berukuran 3 kali lebih besar, lebat, banyak dan manis sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut :

Baca Juga  Cara Mengolah Ubi Jalar Putih

Pastikan indukan mangga adalah tanaman yang sehat & unggul dan tidak dalam keadaan terserang penyakit. Pisahkan biji mangga dari daging buah kemudian cuci bersih lalu angin-anginkan pada tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah mengandung unsur hara makro mikro lengkap serta bakteri menguntungkan yang mampu mengeluarkan antibiotik dan phytohormon. Agar media semai selalu gembur, subur dan sehat, aplikasikan Granule Bio Organik GDM SAME dengan cara ditebar secara merata di lahan persemaian. Lanjutkan dengan penyiraman menggunakan larutan GDM Black Bos yang berfungsi untuk mencegah serangan penyakit tular tanah sehingga bibit mangga tumbuh sehat dan optimal. Caranya, larutkan 250 ml GDM Black BOS kedalam tangki semprot berisi air penuh, kemudian semprotkan ke lahan persemaian yang sudah basah.

Jika tidak mau repot menyemaikan benih & agar tanaman cepat berbuah sebaiknya pilih bibit hasil vegetative berupa cangkok dan okulasi. Kemudian berikan kapur dolomit (jika diperlukan) dan Granule Bio Organik GDM SAME sebanyak 500 gram per lubang sebagai pupuk dasar. Selanjutnya, larutkan 250 ml GDM Black BOS kedalam tangki semprot berisi air penuh, kemudian semprotkan ke lahan tanam. Mencabut perlahan bibit tanaman mangga yang sudah semai, akar yang menempel pada tanah pastikan ikut terangkat semua Setelah itu pastikan untuk menanam bibit secara perlahan-lahan sedalam leher akar pada lahan tanam ukuran lubang tanam berukuran 1m x 1m x 1m atau 60cm x 60cm x 60cm.

Saat tanaman mangga muda, tabur Granule Bio Organik GDM SAME dengan dosis sebanyak 500 gr/pohon, dan berikan setiap 1 bulan sekali. Saat tanaman dewasa, tabur Granul Bio Organik GDM SAME dengan dosis sebanyak 500 gr/pohon, dan berikan setiap 3 bulan sekali.

Baca Juga  Wali Songo Yang Menyebarkan Agama Islam Di Jawa Tengah

Dengan tujuan agar jika terdapat kendala seperti serangan hama & penyakit, serta pertumbuhan pohon mangga yang tidak normal dapat segera diketahui. Pengamatan yang intensif akan dapat diketahui deteksi dini serangan hama & penyakit pada tanaman mangga. Karena produk-produk GDM mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan enzim, hormon dan antibiotic. Segera hubungi tim ahli kami untuk berdiskusi lebih lanjut dengan cara klik ikon whatsapp berikut:

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Cara menanam mangga agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan sangat mudah karena proses menanamnya cukup simpel dan perawatan yang dilakukan juga tidak rumit sehingga mempermudah Anda untuk membudidayakan buah ini. Cara menanam agar pohon buah mangga nantinya cepat berbuah maka akan jauh lebih baik jika dilakukan dengan proses tanam pencangkokkan. Pertama ada dapat membuat lahan dan membersihkannya dari semak atau jenis tumbuhan lain yang mengganggu. Kemudian buatlah lubang dengan bentuk menyerupai segi empat yang berukuran 1 m di setiap sisinya.

Jika sudah maka Anda dapat memberikan pupuk kandang yang ditutup ulang dan dibiarkan selama 3 hari. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada tumbuh kembang tanaman mangga.

Jika proses penyiangan sudah dilakukan maka berikutnya adalah proses pemangkasan, dimana Anda harus memangkas bagian tunas yang tumbuh secara berlebihan jadi cara ini dilakukan agar pohon mangga nantinya cepat berbuah. Mari klik disini, untuk memperoleh produk bibit tanaman mangga yang ada di toko online kami.

0 Comments on Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait