30 Maret, 2023 #Tak Berkategori

Tanaman Hias Harga Mahal 2021

Sepanjang tahun 2021, ada banyak jenis tanaman hias yang menjadi primadona dan menarik perhatian kolektor. Tak hanya itu, tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai bentuk investasi. Ada banyak hal yang mempengaruhi harga tanaman ini, termasuk corak, kelangkaan, serta ukurannya. Setidaknya ada lebih dari 10 jenis tanaman hias yang memiliki harga tinggi, bahkan untuk ukuran kecil. Kalau sudah rimbun dan besar, Bunda bahkan bisa mengeluarkan kocek hingga Rp100 juta, lho. Tergantung ukuran dan tingkat kerimbunannya,” jelas Voni pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

“Tanaman ini berasal dari Amerika dan memiliki ciri khas bolong yang lebih besar daripada Monstera adansoni. Karena memiliki gradasi warna mint dan hijau, harganya bisa langsung menguras dompet, Bunda. Kebayang kan kalau daunnya lebih rimbun, harganya tentu juga akan fantastis,” papar Voni. Bunda mungkin sudah sering mendengar nama tanaman hias monstera white tiger, ya?

Tanaman Hias Mahal yang Dijual Online di Indonesia 2021

Dalam laporan itu, orang Indonesia pada 2020 mencari kata kunci “tanaman rumah” 120 persen lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.Kenaikan pencarian daring itu bisa jadi disebabkan kegiatan mengumpulkan tanaman hias menjadi satu tren baru pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia.Pandemi yang membatasi aktivitas di luar ruangan membuka kesempatan banyak orang untuk lebih leluasa mempercantik rumah mereka.

6 Jenis Tanaman Hias Termahal 2021, Ada yang Harganya Miliaran Bun

Mengoleksi tanaman hias mungkin adalah salah satu kegiatan yang paling banyak digemari, Bunda. Tak tanggung- tanggung, harga jenis tanaman hias tertentu bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah, Bunda.

Saat itu, bunga Tulip menjadi primadona yang menyebabkan harga tanaman ini melonjak hingga mencapai 5.700 gulden per tangkainya.

Daunnya yang menyerupai biola dengan ukuran sangat besar, berurat tebal, dan tegak memberikan kesan berani pada tanaman ini, sehingga menjadikan ketapang biola sebagai salah satu tanaman yang paling disukai oleh banyak desainer interior. Jika berminat, Bunda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli pelembab udara agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Uniknya, daun dari tanaman ini berukuran besar dengan bentuk yang menyerupai hati dan berwarna- warni.

Seiring bertambahnya usia, tanaman ini akan membentuk lubang di daunnya yang menyerupai keju Swiss. Tipe daunnya yang merambat dan bentuknya menyerupai tali tebal melingkar, menjadi keunikan dari tanaman ini, Bunda.

Tanaman Hias yang Harganya Bakal Selangit di 2021

Mahalnya harga tanaman hias disebabkan karena kelangkaan, keunikan warna daun, pembiakan, dan lain sebagainya. Harga Monstera Obliqua diprediksi naik pada 2021 karena masih digemari dan dicari banyak orang khususnya kolektor. Perbedaannya, Monstera adansonii memiliki lubang pada daun dengan ukuran lebih kecil dan merupakan jenis tumbuhan yang banyak dikembangbiakkan di Asia Tenggara, sementara Obliqua merupakan tanaman langka yang berasal dari Amerika Selatan atau Amerika Tengah. Pada 2020 lalu harga satu pot Monstera Obliqua rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Monstera variegata memiliki daya tarik di warna putih pada daun, termasuk tanaman hias yang harganya selangit (Foto: CNN Indonesia TV) Monstera variegata memiliki daya tarik di warna putih pada daun, termasuk tanaman hias yang harganya selangit (Foto: CNN Indonesia TV) Pola bolong variegata juga berbeda dengan obliqua serta ukuran daunnya yang lebih lebar.

Baca Juga  Budidaya Tanaman Hias Mirten

Foto: Dok PribadiTanaman hias yang harganya bakal selangit yakni Aglaonema Golden Hope. Aglaonema Golden Hope memiliki daun yang didominasi warna kuning, hijau, dan merah. Ciri daunnya lonjong menjuntai serta lebar dengan guratan tulang daun yang cukup menonjol membuat tanaman ini terlihat kekar. Tanaman hias satu ini banyak diburu lantaran keunikan daunnya yang besar dan panjangnya bisa nyaris mencapai tinggi manusia dewasa.

Tanaman dengan sebutan lain lidah gajah atau queen anthurium ini juga berdaun besar, seperti veitchii, namun guratannya sama sekali berbeda. Namun nyatanya, Rhaphidophora tetrasperma bukanlah spesies monstera atau philodendron, meski masih dalam famili Araceae.

Raphidopora tetrasperma merupakan tanaman rambat eksotis yang berasal dari wilayah Thailand Selatan dan Malaysia. Daunnya berwarna hijau tua mengilap, berbentuk menyerupai hati, dan langka ini menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias yang harganya selangit, yakni sekitar Rp400 ribuan hingga Rp1,4 juta. Bibitnya saja dihargai jutaan rupiah sementara philo billietiae dewasa yang rimbun dijual seharga puluhan juta. Monster Thai Constellation salah satu tanaman hias yang ditukar rumah oleh Hidmat Syamsudin. Monstera Variegata Thai Constellation memiliki bentuk daun lebar yang membelah secara alami dengan perpaduan warna putih dan hijau. Banyaknya permintaan, lambatnya pertumbuhan tampaknya hal tersebut yang menjadikan harga monstera dewasa rimbun naik selangit.

Catatan Redaksi: Foto-foto ilustrasi tanaman dalam artikel ini telah dikoreksi pada Jumat (22/1) pukul 11.20 WIB.

9 Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia, Tertarik Membeli?

Tanaman nggak hanya membuat teras rumah kamu lebih cantik saja, namun kini bisa menjadi koleksi yang meningkatkan gengsi. Meski harus merogoh kantong dalam, beberapa tanaman dengan harga yang tinggi menjadi incaran banyak orang.

Penasaran apa saja tanaman yang ada di Indonesia dengan harga paling mahal? Bagaimana nggak, harganya yang mahal membuatnya menjadi primadona di dunia tanaman hias.

Daun tanaman ini memiliki perpaduan warna yang cantik, yaitu hijau tua dan putih. Namun, imbas dari harganya yang selangit itu, membuat Anggrek Hitam Papua langka. Namun, semakin banyak orang yang membudidayakannya di Indonesia, harganya pun berangsur turun atau tidak semahal dulu. Ciri khas dari tanaman ini ada pada daunnya, yaitu terdapat lubang-lubang dengan warna hijau yang pekat serta mengkilap. BACA JUGA: 5 Tanaman Sayuran Ini Cocok Ditanam saat Musim Hujan, Kuat dan Mudah!

Jenis tanaman yang tergolong mahal di Indonesia adalah Sri Rejeki atau dengan nama lain Red Aglaonema. Tanaman ini seringkali menghias area ruang tamu atau bagian lain di dalam rumah. Tidak hanya itu saja, Sri Rejeki juga bisa menjadi tanaman yang mampu mengurangi tingkat stress pemilik rumah.

Selain itu, akan terlihat sangat cantik jika Bonsai menghiasi teras depan rumah kamu, lo! Tanaman hias termahal lainnya adalah Philodendron Pink Princess yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp3 juta. Ini merupakan tanaman hias dengan tergolong langka, maka dari itu memiliki harga yang cukup mahal.

Hal ini disebut sebagai mutasi genetik atau varigata yang terjadi pada daun.

Philodendron Pink Princess mulai populer di tahun 2019, hingga kini permintaan akan tanaman tersebut masih tinggi. Caladium Hibrida dibanderol dengan harga sekitar Rp4,5 juta, pun tergantung pada ukuran dan banyaknya daun.

Itulah beberapa jenis tanaman hias dengan harga termahal yang ada di Indonesia.

Jenis Tanaman Hias Yang Mahal Dengan Harga Selangit

Tak hanya untuk mempercantik rumah, aktivitas ini juga menjadi alternatif yang efektif guna mengatasi rasa stress dan bosan selama pandemi. Tak tanggung-tanggung, kerap kali pilihan masyarakat jatuh pada tanaman hias dengan harga fantastis. Tapi sebenarnya tak hanya itu saja, masih ada variasi lainnya yang harganya membuat kamu geleng-geleng kepala. Adalah salah satu tanaman hias paling viral pada tahun 2020, Monstera Deliciosa Variegata mempunyai harga yang cukup mahal.

Baca Juga  Cara Membuat Manisan Buah Tin Kering

Alasan mengapa Monstera Deliciosa Variegata mempunyai harga yang selangit, yakni warna daunnya berasal dari perpaduan antara putih, dan hijau tua. Variasinya yang berasal dari Malaysia tersebut kerap kali dijual dengan harga berkisar Rp.

Benar, Monstera Obliqua adalah salah satu tanaman hias yang viral, dan diminati pada tahun 2020. Sebelumnya, tidak ada tanaman hias yang memiliki penampilan unik seperti itu.

Meskipun kini banyak yang menjual murah, dulunya Monstera Obliqua tergolong tanaman hias sultan.

Tetapi, saat ini kamu dapat membeli dengan harga ratusan ribu untuk ukuran kecilnya. Namun, disayangkan tanaman ini hanya berbunga sekali setahun, yakni bulan April sampai Mei. Tanaman hias satu ini mempunyai daun begitu lebar, dan memanjang tapi dengan beberapa belahan di sisinya.

Jenis Philodendron tersebut sempat memecahkan rekor pada pelelangan tanaman hias di Selandia Baru. Tanaman dengan empat helai daun ini terjual seharga 8.150 dolar AS atau setara Rp.

Guna menghargai kerja keras para ahli, anggrek langka tersebut dibanderol dengan harga yang fantastis. Bonsai tak perlu diragukan lagi adalah tanaman hias yang cukup mahal.

Jika masih ingat, pada tahun lalu tanaman hias Gelombang Cinta pernah populer, dan hits di masyarakat. Karena harganya yang tinggi, berbisnis tanaman hias Gelombang Cinta mampu menarik perhatian masyarakat.

Tetapi perlu berhati-hati sebab pada saat itu pencuri juga sangat tertarik untuk mencuri tanaman dibandingkan perhiasan emas. Bagaimana tidak, harganya yang cukup fantastis, dapat digunakan untuk membangun rumah, atau membeli mobil dalam sekali waktu.

Fenomena itu dicurigai telah direncanakan oleh sekelompok orang dengan sengaja, dan membuat heboh kehadiran tanaman hias tersebut. Bahkan sebagian orang seringkali menipu dengan menjual bibit palsu tanaman hias ini. Jenis tanaman satu ini bisa tumbuh sampai 15 meter di hutan hujan tropis. Sementara itu di dalam ruangan, ara daun biola atau ficus lyrata tumbuh sampai 3 meter.

Sehingga merawat tanaman tersebut di rumah merupakan sebuah tantangan tersendiri sebab perlu meniru keadaan cuaca yang serupa dengan asalnya. Sebaiknya, kamu merawat tanaman hias itu mulai dari bibitnya supaya dapat mudah merawatnya.

Selain itu, pertimbangan untuk membeli humidifier pada ruangan yang bertujuan agar bisa tumbuh dan awet. Sementara itu, untuk varian lainnya seperti Monstera Adansonii harganya $700 atau setara Rp.

Seiring bertambahnya usia, tanaman tersebut membenarkan sebuah lubang pada daunnya sehingga serupa keju Swiss. Seiring dengan tumbuhnya ketertarikan Selandia Baru pada tanaman hias, spesimen Philodendron Minima tersebut dijual berkisar $8,150 atau setara Rp.

Sementara itu, Philodendron yang tidak merambat tumbuh tegak, dan cocok disimpan di wadah pada ruangan. Pada masa pandemi ini, banyak orang yang terpaksa menghabiskan waktu di rumah saja. Banyak orang yang akhirnya menjadi suka dan hobi menanam tanaman hias di rumah.

Perasaan cemas dan stres akibat adanya pandemi bisa diredakan dengan cara merawat tanaman hias.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika merawat tanaman hias di rumah. Tidak semua jenis tanaman hias mempunyai sifat dan juga karakteristik yang sama.

Meski diletakkan di dalam rumah, tanaman hias juga perlu memperoleh cahaya matahari secara alami. Pasalnya, tanaman hias tidak bisa hidup dengan media tanah yang biasa.

Biasanya, tanaman hias bisa hidup melalui media tanah humus, regosol, dan juga gambut.

Walaupun berada di dalam ruangan dan ditanam menggunakan media tanah khusus, tanaman hias juga masih perlu diberi sesuai dengan kebutuhan.

Perlu kamu ketahui bahwa tanaman hias akan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya ketika tumbuh. Cara terakhir dalam merawat tanaman hias yaitu dengan memangkasnya secara berkala.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang perlu dipangkas daun serta tangkainya secara rutin.

Baca Juga  Cara Buat Kuping Gajah 1Kg

5 Tanaman Hias Daun yang Harganya Mahal Tahun Ini, Apa Saja? Halaman all

KOMPAS.com – Selama pandemi virus corona (Covid-19), berkebun dan merawat tanaman hias menjadi salah satu hobi yang paling digandrungi banyak orang. Tak henti di tahun 2020, taun 2021 ini juga diramaikan dengan sejumlah varietas tanaman hias daun mahal yang bisa kamu pilih untuk melengkapi koleksimu. Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (5/6/2021), berikut ini daftar tanaman hias daun mahal sepanjang tahun 2021.

Hal yang membedakan aglonema golden hope dengan jenis lainnya ialah ciri daunnya beurat.

Untuk harga, aglonema golden hope ukuran kecil atau berisi 3 daun dijual seharga Rp 5 juta. Baca juga: Cara Menanam Bonggol Aglonema untuk Pemula agar Tetap Hidup dan Tumbuh

Banyak orang menilai bahwa tanaman Rhaphidophora tetrasperma mirip dengan Monstera deliciosa dalam ukuran mini. Meskipun Rhaphidophora tetrasperma masih satu famili Araceae, tapi keduanya bukan berasal dari spesies yang sama.

King Monstera Variegata Thai Constellation memiliki bentuk daun lebar dengan perpaduan warna putih dan hijau.

6 Jenis Tanaman Hias Mahal yang Paling Dicari Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengoleksi tanaman hias pada saat ini tidak hanya sekadar menjadi hiasan atau dekorasi untuk rumah. Dikutip dari kanal YouTube Made in Jumah, Sabtu (4/12/2021), berikut ini 6 jenis tanaman hias mahal yang paling dicari. Philodendron birkin sangat banyak peminatnya, karena memiliki bentuk dan corak daun yang begitu menggoda mata.

Tampilan daun philodendron birkin didominasi oleh warna hijau yang diisi dengan corak garis berwarna putih kekuningan.

Tanaman calathea secara umum populer karena corak dan warna daunnya yang menarik. Tanaman monstera cantik satu ini juga sangat banyak diminati meskipun harganya tak murah.

Baca juga: 6 Tanaman Hias dengan Harga Mahal yang Tengah Menjadi Incaran Tanaman hias episcia cleopatra ini juga memiliki corak warna daun yang super cantik.

Jenis episcia cleopatra benar-benar menarik, yang mana permukaan daunnya berwarna pink muda disertai motif putih dan hijau di bagian tengahnya.

Bunda, Ini Tanaman Hias yang Harganya Bakal Selangit di 2021

Jakarta, CNBC Indonesia – Tanaman hias kini menjadi hobi baru di tengah pandemi Covid-19. Meski dapat menghilangkan stres namun beberapa tanaman hias dijual dengan harga yang tak murah.

Pada tahun 2021 ini, ada beberapa tanaman yang diprediksi memiliki harga selangit.

Pada 2020 tanaman ini cukup populer dan masih akan tetap eksis di 2021.

Bentuk daunnya besar dan bercorak dengan warna perpaduan hijau serta putih. Corak daun dengan sedikit warna putih dihasilkan dari mutasi sel alias adanya kelainan.

Namun karena keunikan inilah yang membuat harga Monstera Variegata menjadi tinggi. Tanaman hias ini dibanderol dari Rp 750 ribu hingga puluhan juta rupiah. Tanaman berbentuk pohon kecil ini ternyata juga tak sepi peminat tahun lalu. Jangan kaget ya, harganya juga unik karena mencapai US$5 juta atau sekitar Rp 72,9 miliar. Tidak hanya sekedar tanaman hias, saffron crocus juga dimanfaatkan sebagai penghasil rempah termahal di dunia. Shenzhen Nongke Orchid cukup unik karena untuk satu tangkai bunga mekar butuh waktu empat sampai lima tahun sekali.

Anthurium merupakan tanaman hias yang sudah tren sejak bertahun-tahun lalu tetap tidak kehilangan pamornya hingga tahun 2020. Di Indonesia, jenis tanaman anthurium yang populer adalah jenmani variegata. Karakteristik tanaman hias ini memiliki warna hijau dengan kombinasi putih atau kuning. Untuk mendapatkan tanaman hias ini, Anda harus merogoh kocek hingga Rp 10 juta.

Karakteristik anggrek ini adalah warna ungu garis-garis dan sedikit berbulu. Karena kelangkaan tersebut, tanaman hias ini memiliki harga yang fantastis, dijual seharga 5000 dolar atau setara dengan Rp72 juta pertangkainya.

0 Comments on Tanaman Hias Harga Mahal 2021

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait