30 Maret, 2023 #Tak Berkategori

Jenis Pupuk Untuk Tanaman Jahe Merah

Lahan yang akan digunakan menanam jahe harus diberikan pupuk dasar untuk meningkatkan kandungan unsur hara. Pupuk cair organik yang Anda temukan di toko pertanian juga bisa digunakan. Hanya saja ada banyak bentuk pupuk yang bisa digunakan, antara lain berbentuk remah, serbuk, dan cair. Pupuk dasar sudah diberikan sejak 2—4 minggu sebelum bibit jahe ditanam.

Namun, sebelum pemberian pupuk dasar, Anda perlu menentukan terlebih dahulu kondisi tingkat kesuburan lahan yang akan digunakan.

Pupuk Pembesar Rimpang Jahe: Jenis, Dosis, Waktu Hingga Cara Pemupukan

Salah satunya harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang meliputi kondisi kesuburan lahan dan memaksimalkan pertumbuhan. Dosis pupuk yang tepat guna akan mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan jahe dan pastinya kualitas rimpangnya. Pemupukan tanaman jahe untuk meningkatkan bobot dan kualitas rimpang harus Anda lihat kandungannya. Pemupukan itu merupakan bentuk penambahan nutrisi pada media tanam berupa pupuk, yang tujuannya agar media tanam tetap dan akan selalu gembur, dapat juga memberi asupan nutrisi, dan cepat segera menutup rimpang bila muncul ke permukaan.

Pemupukan itu juga dapat dilakukan pertama kali pada saat tanaman jahe segera setelah membentuk rumpun dengan tiga atau empat batang semu yang kemudian muncul. Dalam hal ini pupuk kandang yang di maksud adalah hasil kotoran hewan seperti ayam, kambing, sapi dan lain – lain sebagainya yang telah dilakukan fermentasi, seperti halnya fermentasi pupuk kandang pada umum nya. Selain itu juga pupuk organik yang memiliki kandungan bakteri premium secara tepat akan memaksimalkan hasil pertumbuhan pada tanaman. Pada awal penanaman, taburkan pupuk ke areal tanam sesuai dosis yang di sarankan. Hal ini bertujuan sebelum masa tanam tiba, bibit jahe dapat diminimalisir dari kontaminasi penyakit yang menempel pada bibit jahe sebab ada kandungan bakteri premium Micrococcus roseus dari Pupuk Organik GDM Spesialis Pangan yang dapat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit pada tanaman. Untuk pemupukan dasar yang dapat meningkatkan pertumbuhan bibit jahe pada usia 0 sampai 4 bulan HST maka dulur bisa menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan dengan dosis 8 liter/ha serta takarannya 2 gelas/tangka Sedangkan untuk pemupukan untuk dulur yang menanam jahe dalam pot yaitu dengan dosis 50 gram/pot dengan takaran 2 gelas per tangki ya lur.Untuk waktu mengaplikasikannya pertengahan setiap seminggu sekali. Kemudian untuk merawat kesuburan tanah sekitar tanaman jahe dalam skala besar atau budidaya maka dosis yang dibutuhkan 150 kg/ha dan untuk skala kecil menanam dalam pot dosis yang dibutuhkan 50 gram/pot ya lur dengan cara ditebar secara merata disekitar tanaman. Kombinasi yang pas selanjutnya untuk tetap melembabkan tanah secara maksimal, dengan penggunaan GDM Black Bos dengan dosis 5 kg/ha atau untuk aplikasi dalam pot cukup 1:100 (1kg Black Bos dilarutkan dalam 100L air) Kemudian kocor sebanyak dua gelas air mineral per pot.

Baca Juga  Cara Merawat Bunga Lidah Buaya

Tentu hal yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan pemupukan menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan dengan dosis 12 liter/ha untuk lahan besar sedangkan untuk aplikasi dalam pot dulur menggunakan takaran dosis 2 gelas per tangki lalu disemprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Dulur bisa mengaplikasikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan pada waktu pertengahan 2 minggu sekali.

Kendala dalam budidaya jahe sering sekali beragam, namun untuk mengatasinya Anda perlu pendampingan tim ahli pertanian.

Pemupukan yang Tepat untuk Budidaya Tanaman Jahe

Jahe (Zingiber officinale sp) adalah salah satu komoditas ekspor yang mempunyai banyak manfaat. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa pemupukan pada tanaman, lebih tepatnya tanaman jahe ini sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian baik dari segi kualitasnya maupun kuantitasnya. Pemupukan anorganik menggunakan dosis tersebut dapat mempertahankan tanaman jahe tetap hidup, meningkatkan hasil rempah hingga 730gr/tanaman. Pengaruh Pemupukan Terhadap Produktivitas Dan Titik Impas USAhatani Jahe Putih Besar (Jpb) Panen Muda Di Sumedang/Fertilization Effect on Productivity and Break-event Point of Young Big White Ginger Farming System in Sumedang.” Jurnal Lirttri 22(4), 197-207

Pemupukan pada Tanaman Jahe

Seperti halnya mahluk hidup yang lain, tanaman jahe juga perlu ‘makan’. Agar jahe bisa tumbuh ‘gemuk’ dan produksi rimpangnya juga buanyak, jahe perlu diberi ‘makanan’ yang penuh gizi, yang cukup, dan seimbang. ‘Makanan’ jahe paling tidak harus mengandung nutrisi makro dan mikro, antara lain: nitrogen (N), fosfat (P), kalium (K), Magnesium (Mg), Sulfur (S), seng (Zn), Boron (B), tembaga (Cu), besi (Fe), dll.

Aplikasi hormon atau ZPT (zat pengatur tumbuh) Giberelin untuk meningkatkan produktivitas jahe

(catatan: saat ini TSP dan KCl sulit diperoleh di pasaran, kalau pun perlu dicek keasliannya dengan menganalisa kandungan haranya. Coba baca artikel ini: Hati-hati Membeli Pupuk KCl)

Baca Juga  Tanaman Cocor Bebek Tunas

“A Study of Fertilizer Technique High Yield and Benefit for Ginger.” Journal of Anhui Agricultural Sciences 34(2): 287. “Relations between organic substrate formula and yield and quality of ginger [J].” Plant Nutrition and Fertilizer Science 4: 021.

Budidaya tanaman jahe umumnya banyak menggunakan pupuk organik (pupuk kandang) atau kompos dalam jumlah yang cukup besar, mulai dari 20-60 ton per ha.

Saat ini budidaya jahe di Indonesia lebih banyak menggunakan polybag.

Jika dibagi per polybag pemupukan di atas kira-kira adalah: Hara ini jarang disinggung di panduan-panduan pemupukan jahe.

Untuk pemupukan jahe sebaiknya juga ditambahkan Dolomit. Komposisi ini jelas sangat tidak cocok dengan kebutuhan tanaman jahe. Saya sering kesulitan jika mau beli kedua pupuk ini. Ketika Anda membeli pupuk-pupuk ini sebaiknya tanyakan berapa kandungan haranya.

Nah saya pernah beli pupuk SP36 yang kandungan P-nya cuma 18%. Kondisi ini perlu kreativitas para petani jahe untuk menyiasatinya.

0 Comments on Jenis Pupuk Untuk Tanaman Jahe Merah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait