30 Maret, 2023 #Tak Berkategori

Tuliskan Tiga Jenis Tanaman Hias Daun Yang Anda Ketahui

HOBI merawat tanaman hias menjadi salah satu pilihan kegiatan di rumah selama pandemi covid-19. Kecantikan dan keunikan daun menjadi daya tarik beragam jenis tanaman hias ini, sebut saja, aglaonema, caladium, monstrea, dsb. Baca juga: Manfaat Ekstrak Rimpang Keladi Tikus dan Daun Sirsak dalam Thyponisix Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias daun terpopuler yang mudah dirawat di dalam ruangan.

Aglaonema atau dikenal juga dengan nama Sri Rejeki sedang populer belakangan ini. Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang sangat mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan khusus. Caladium atau keladi juga merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang populer. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan corak kemerahan atau putih pada bagian tengahnya.

Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik.

Ini 7 Jenis Tanaman Hias Daun yang Populer

HOBI merawat tanaman hias menjadi salah satu pilihan kegiatan di rumah selama pandemi covid-19. Kecantikan dan keunikan daun menjadi daya tarik beragam jenis tanaman hias ini, sebut saja, aglaonema, caladium, monstrea, dsb. Baca juga: Manfaat Ekstrak Rimpang Keladi Tikus dan Daun Sirsak dalam Thyponisix Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias daun terpopuler yang mudah dirawat di dalam ruangan.

Aglaonema atau dikenal juga dengan nama Sri Rejeki sedang populer belakangan ini. Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang sangat mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Caladium atau keladi juga merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang populer. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan corak kemerahan atau putih pada bagian tengahnya. Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik.

15 Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

Jenis tanaman hias daun terpopuler, ruangan indoor maupun outdoor jadi lebih asri dan anggun. Belanja kian nyaman dan tenang berkat fitur COD Tokopedia, bayar di tempat aja!

Tertarik hadirkan nuansa lebih asri di rumah lewat tanaman hias daun?

Sangat mudah dirawat dan ditemukan, Sirih Gading bisa menjadi alternatif tanaman hias daun selanjutnya untuk menghiasi taman rumahmu.

Warnanya yang hijau cerah membuat suasana menjadi lebih segar dengan kehadiran tanaman Sirih Gading ini. Dikenal juga dengan nama Simbar Menjangan, Tanduk Rusa adalah tanaman hias daun yang sangat umum ditemui di negara-negara beriklim tropis Sri Rejeki atau Aglaonema adalah tanaman hias daun yang cukup populer di Indonesia. Umumnya, tanaman ini tak tahan terhadap sinar matahari langsung sehingga lebih sering dijadikan hiasan untuk di dalam ruangan.

Tak hanya ditanam di taman atau pot bunga, Lili Paris juga bisa dijadikan tanaman gantung. Sesuai dengan namanya, tanaman hias daun selanjutnya ini memiliki bagian pucuk tunas yang berwarna kemerahan.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Tomat Dalam Pot

Dinamakan Kuping Gajah karena tanaman hias satu ini memiliki bentuk daun yang melebar. Lengkapi isi rumah dengan furniture lokal berkualitas dan tentunya terjangkau di sini!

Tanaman hias daun satu ini sangat cocok untuk dijadikan dekorasi asri dalam ruangan. Sudah temukan tanaman hias daun yang paling pas untuk lengkapi taman atau dekorasi rumah?

8 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Setiap orang bisa menanam tanaman hias sendiri di dalam atau sekitar rumahnya. Oleh karena itu, jika saat ini Anda sedang tergoda untuk menanam tanaman hias, lebih baik lihat dulu ulasan dari kami mengenai macam-macam tanaman hias beserta contoh dan penjelasannya berikut ini. Tanaman hias bunga dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya serta membuatnya terlihat lebih asri. Anda bisa menanam tanaman hias bunga di dalam pot atau pada lahan tanah.

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa Anda tanam di dalam ataupun luar (sekitaran) rumah. Bunga anggrek sering dipergunakan sebagai ungkapan rasa cinta, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang. Bunga mawar memilik iwarna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu.

Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose. Melati digolongkan sebagai tumbuhan perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Bahkan, ada salah satu jenis melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” yakni melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di Indonesia.

Hibiscus rosa-sinensis alias kembang sepatu adalah bunga dengan kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam suku Malvaceae. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias. Warna merah dengan ukuran kelopak yang besar melebar menjadi ciri khas dari kembang sepatu. Ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja menyandang nama latin Plumeria. Meskipun mendapatkan kesan horor, kamboja termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat dikarenakan menyimpan sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin.

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan tropis yang bisa berbunga sepanjang tahun dengan ketinggian pohon mencapai 7 meter. Pada kemuning terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin seperti murremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal, dan pranferin.

Bunga alamanda juga sering digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan.

Baca Juga  Jangan Menyiram Tanaman Siang Hari

Warna bunganya hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya panjang, halus, dan berkilau. Diucap dalam bahasa Indonesia, Bugenvil, merupakan tanaman hias yang sangat populer di seluruh dunia.

Di samping perawatannya yang mudah, penanaman bugenvil juga banyak dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan halaman rumah ataupun taman. Campuran warna pada kelopaknya yang menjadikan bunga geranium sengaja ditanam untuk menghadirkan suasana menentramkan di dalam atau halaman rumah. Sebab Edelweis hanya mampu tumbuh di dataran tinggi seperti puncak dan pegunungan dengan intensitas cahaya matahari penuh. Karena hal tersebut, bunga edelewis hanya bisa dilihat oleh para pendaki gunung yang mencintai alam bebas.

Bunga matahari merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang sudah tidak asing oleh penduduk Indonesia. Bunga asoka merupakan tanaman hias yang sering dihubungkan dengan cinta dan kesucian.

Di Indonesia, ada dua jenis bunga asoka yang biasanya ditanam untuk penghijauan ataupun hanya sebagai tanaman hias. Kuping gajah dengan nama latin Anthurium Crystallinum adalah tanaman hias daun yang banyak ditanam untuk menghias ruangan maupun halaman rumah.

Tanaman hias suplir atau adiantum mempunyai penampilan yang khas sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lain.

Algeonema lebih akrab dengan sapaan sri rejeki, meruapakan tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rejeki mempunyai habitat asli di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Modern ini, aglaonema telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan ragam warna, bentuk, dan ukuran sehingga menjadikannya tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.

Di Indonesia, tanaman dari famili Polypodiaceae ini dikenal juga dengan nama lain Simbar Menjangan. Jenis tanaman hias daun dari koloni rimpang ini mempunyai banyak cabang sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan. Tanaman hias daun berikutnya adalah Saka Asparagus Plumosus yang tergabung dalam keluarga Asparagus Plumosus, merupakan tanaman hias sejenis paku yang mempunyai daun lebat menyerupai jarum halus dengan jumlah banyak. Daun berbentuk jarum halus itulah yang menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan.

Jika Anda mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas dan bingung mau ditanami tanaman apa, coba saja tanam Palem Kuning. Dikarenakan berasal dari gurun, zamia mempunyai ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35°C). Tanaman hias yang satu ini disebut sebagai spider plant karena di saat batang tanamannya menyentuh tanah, ia akan mengakar alias merambat. Berikutnya, kita akan melihat apa saja yang termasuk sebagai macam-macam tanaman hias buah.

Jeruk nagami tidak hanya ditanam sebagai tanaman penghias rumah saja, tetapi buahnya juga bisa dimakan secara langsung karena rajin berbuah. Cabai warna-warni lebih kaprah ditanam sebagai tanaman hias ataupun dibudidayakan dengan skala besar untuk meraup keuntungan.

Rasanya yang nikmat dan kesegaran dari daging buahnya membuat buah naga tak pernah kehabisan peminat. Beberapa jenis tanaman hias biasa yang sering ditanam adalah bonsai dan palem.

Baca Juga  Merawat Tanaman Cabe Di Pot

Beberapa tanaman hias yang diletakkan dengan cara digantung adalah bunga anggrek, lobelia, geranium, begonia, dan fuchsia.

5 Jenis Tanaman Hias, Sudah Tahu? Halaman all

Dilansir dari National Geographic, tanaman hias merupakan salah satu pengelompokan berdasarkan fungsi. Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Butuh Kelembaban Tinggi, Cocok di Kamar Mandi Selain bunga (warna dan wangi), daun, buah, batang, bahkan pohon bisa dijadikan komponen. Dalam arsitektur lansekap, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan penting. Tanaman hias bunga tentunya mempunyai bentuk dan warna yang bermacam-macam tergantung dari jenis tanamannya. Tanaman hias pohon ini umumnya diletakkan di luar ruangan seperti taman.

Beberapa orang juga menjadikan tanaman yang menghasilkan buah sebagai hiasan, sebab perpaduan antara batang, daun dan buah yang indah cocok untuk dijadikan tanaman hias. Tentunya menata agar akar tumbuhan ini bisa menjadi tanaman hias yang indah diperlukan keahlian khusus.

17 Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati. Mana yang Paling Unik?

Tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman hias daun tetapi bingung harus mulai dari mana? Kali ini 99.co Indonesia akan membahas beberapa jenis tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Salah satu keuntungan dari memilih tumbuhan hias daun adalah perawatannya yang lebih mudah, apalagi jika disimpan di dalam ruangan.

Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik. Property People mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Namun, tanaman aglonema ini tidak boleh terkena cahaya matahari langsung dan harus kamu simpan di tempat yang cukup lembap. Kadaka atau pakis sarang burung ini memiliki daun yang tebal dan bisa kamu temukan di hutan. Dahulu, tanaman ini dianggap tidak berharga karena kerap dianggap sebagai hama, tetapi sekarang tanaman ini cukup laris di pasaran karena tampilannya yang unik. Tanaman spider plant asli Afrika ini sangat mudah kamu pelihara dan bisa memperindah tampilan ruangan dengan bentuk daunnya yang terkesan unik.

Sirih gading adalah tanaman hias daun lainnya yang bisa kamu pertimbangkan juga. Selain dapat kamu simpan di taman atau pot bunga, lili paris juga cocok untuk tanaman gantung, lo. Terlebih, perawatan tanaman ini mudah sekali dan bisa kamu simpan baik di dalam atau luar ruangan.

Tanaman monstera sangat cocok untuk rumah-rumah bergaya desain minimalis hingga Skandinavia. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini memiliki karakteristik daun yang bergelombang. Calathea black lipstick tampil anggun dengan kombinasi warna yang unik, yakni ungu dan hitam.

Serupa dengan namanya, tanaman ini memiliki daun berwarna merah pada bagian pucuk tunas.

Karena bisa tumbuh rimbun, tanaman ini biasa digunakan sebagai pagar taman. Pasalnya, tanaman ini memiliki warna lain seperti kuning dan merah. Pokoknya, cocok deh untuk kamu yang suka tanaman dengan warna mencolok. Sedang cari rumah di Bogor yang aman dan nyaman seperti Golden Hills?

Temukan pilihan terbaiknya hanya di www.99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

0 Comments on Tuliskan Tiga Jenis Tanaman Hias Daun Yang Anda Ketahui

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait