30 Maret, 2023 #Tak Berkategori

Pupuk Pengganti Urea Untuk Tanaman Jagung

KOMPAS.com – Pupuk adalah senyawa yang ditambahkan pada media tanam untuk membantu memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman. Kandungan fosfat dalam pupuk ini berguna untuk pembentukan biji, mempercepat pemasakan buah, dan membuat tanaman tahan terhadap kekeringan. Baca juga: Mengenal Pupuk Kalsium untuk Tanaman: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Baca juga: Cara Pengaplikasian Pupuk Daun agar Tanaman Hias Tumbuh Subur

Jenis pupuk ini mengandung banyak unsur hara makro, mikro, hormon, dan asam amino yang diperlukan tanaman. Aplikasi kombinasi pupuk tersebut juga dapat mengurangi penyusutan bobot tongkol jagung.

Pilihan Pupuk untuk Jagung agar Buahnya Besar

JAKARTA, KOMPAS.com – Pupuk merupakan material penting yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara semua tanaman, termasuk jagung. Terdapat banyak pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan tanaman jagung. Dikutip dari kanal YouTube Channel Pertanian, yang diperbarui pada Rabu (17/8/2022), berikut ini pupuk untuk jagung agar buahnya besar.

Catat, Ini 5 Jenis Pupuk untuk Jagung agar Buahnya Besar Halaman all

KOMPAS.com – Pupuk adalah senyawa yang ditambahkan pada media tanam untuk membantu memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman. Kandungan fosfat dalam pupuk ini berguna untuk pembentukan biji, mempercepat pemasakan buah, dan membuat tanaman tahan terhadap kekeringan.

Baca Juga  Cara Menanam Kembang Pucuk Merah

Baca juga: Mengenal Pupuk Kalsium untuk Tanaman: Manfaat dan Cara Menggunakannya Baca juga: Cara Pengaplikasian Pupuk Daun agar Tanaman Hias Tumbuh Subur

Jenis pupuk ini mengandung banyak unsur hara makro, mikro, hormon, dan asam amino yang diperlukan tanaman. Aplikasi kombinasi pupuk tersebut juga dapat mengurangi penyusutan bobot tongkol jagung.

Cara Membuat Pupuk Nitrogen Alami Pengganti Urea

JAKARTA, KOMPAS.com- Penggunaan pupuk yang mengandung nitrogen seperti urea memang berguna untuk menyuburkan tanaman. Sayangnya, pupuk urea memiliki beberapa dampak yang kurang baik terhadap tanah dan tanaman bila sering digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan pupuk nitrogen yang berasal dari bahan-bahan organik untuk menyuburkan tanaman. Melansir dari channel YouTube Dian Pertanian, Jumat (6/5/2022) berikut cara membuat pupuk nitrogen alami pengganti urea.

pH tanah menurun dan menjadi asam, sehingga membuat tanaman kesulitan menyerap unsur hara tertentu.

8 Pupuk Urea Terbaik – Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Apabila tanah kekurangan unsur nitrogen, daun akan tampak lebih layu, kekuningan, dan pertumbuhan berjalan lambat. Perlu diingat bahwa pupuk yang digunakan tetap harus memperhatikan dosis anjuran sesuai kebutuhan tanaman masing-masing.

Penggunaan yang berlebihan justru akan membuat tanaman rentan terhadap hama penyakit dan mudah rebah.

Pilihan Pupuk untuk Jagung agar Buahnya Besar

JAKARTA, KOMPAS.com – Pupuk merupakan material penting yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara semua tanaman, termasuk jagung. Terdapat banyak pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan tanaman jagung.

Dikutip dari kanal YouTube Channel Pertanian, yang diperbarui pada Rabu (17/8/2022), berikut ini pupuk untuk jagung agar buahnya besar.

Mau Panen Jagung Melimpah? Pakai Pupuk Pak Tani Dulu!

Angka produktivitas ini terus meningkat tiap tahunnya, namun masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara seperti AS (10.5 ton/ha), Argentina (7.9 ton/ha) dan China (6.3 ton/ha). Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan budidaya jagung, yakni mulai dari faktor pengolahan lahan, pemilihan benih, hingga perawatannya.

Baca Juga  Obat Rumput Di Tanaman Bawang Merah

Selain memilih benih yang tepat, persiapan lahan juga menjadi rahasia keberhasilan budidaya jagung. Di fase ini, Sahabat juga bisa mengoptimalkan pengolahan tanah dengan FertiBio dari Pak Tani.

Berdasarkan data Universitas Penn State di AS dan IPNI (International Plant Nutrition Institute), hasil panen jagung berbanding lurus dengan jumlah N, P, K yang diberikan ke tanaman. Lakukan juga pembersihan rumput tepat waktu dan menyeluruh dengan Sutrazin 560 SC agar pupuk dapat diserap secara maksimal.

Untuk mengendalikan serangan bulai, Sahabat bisa menggunakan MKP Pak Tani dan TAFT mulai umur 20 HST dengan interval 10 hari sekali. Aplikasinya merupakan cara instan agar ketidakseimbangan unsur hara N, P, dan K yang menyebabkan tanaman jagung rentan bulai, dapat diatasi.

Pakai Pupuk Organik, Petani Jagung Bambanglipuro Panen Melimpah

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Bambanglipuro, Listuti Parwindiati dalam syukuran terpilihnya kelompk tani tersebut sebagai juara II lomba kelompok tani tingkat nasional untuk komoditas jagung tahun 2015, menjelaskan di Bambanglipuro ada sekitar 200 hektare lahan yang ditanami tanaman jagung yang ditanam padamusim tanam kedua dan ketiga. “Ada peningkatan banyak (produksi jagung) dari tahun lalu, sampai dua kali lipat,” terangnya pada Selasa (27/10/2015).

“Selama ini anggota kelompok tani tidak kesulitan mendapat pupuk organik karena bisa langsung ambil dari kandang ternak,” tuturnya.

Pupuk Subsidi Tinggal Urea dan NPK, Ini Pengganti ZA dan SP-26 yang Mudah

Bisnis.com, PROBOLINGGO – Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo Bambang Suprayitno mengimbau para petani menggunakan pupuk kandang saat subsidi tiga jenis pupuk, yakni ZA, SP-26 dan organik dicabut oleh pemerintah. “Pemerintah sudah resmi memberlakukan pupuk subsidi hanya untuk jenis urea dan NPK sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian yang ditetapkan pada 6 Juli 2022,” katanya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu. Baca Juga : Petani Ragu Pupuk Urea dan NPK Bakal Pacu Produktivitas Pertanian

Baca Juga  Hama Penyakit Tanaman Gambir

“Hingga saat ini masih belum ada regulasi terbaru yang mengatur tentang HET maupun alokasi pupuk bersubdidi untuk Kabupaten Probolinggo sehingga masih menggunakan HET dan alokasi sebelumnya untuk pupuk bersubsidi Urea dan NPK,” katanya.

Pupuk Kompos dari Limbah sebagai Pengganti Pupuk Urea

Pencarian alat (trashbag, susruk, timbangan) dan bahan (larutan EM4, daun kering serbuk gergaji, kotoran kambing) Tahap percobaan yang dilakukan selama 2 minggu.

0 Comments on Pupuk Pengganti Urea Untuk Tanaman Jagung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait